13 OCT 2024 HIDUP SEHAT 2 MENIT DIBACA

Kata Science Tentang Mikrobioma Usus

Kesehatan mikrobioma usus ternyata memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Berikut ini beberapa contohnya yang telah didukung dengan ilmu penelitian.

1. Daya tahan tubuh/sistem imun
  • Mikrobioma berperan penting melatih sistem imun serta pengembangan komponen utama sistem imun bawaan dan adaptif inang.
  • Sistem imun juga menjaga keseimbangan mikrobioma dan mengatur pemeliharaan fitur utama simbiosis inang-mikroba

2. Otak

  • Gangguan pada mikrobioma usus, misalnya karena infeksi atau perubahan pola makan, dapat memicu reaksi dalam tubuh yang dapat memengaruhi kesehatan psikologis, perilaku, dan neurologis.
  • Penelitian telah menunjukkan bahwa otak dan usus selalu berkomunikasi dan perubahan dalam mikrobioma terkait dengan suasana hati dan kesehatan mental

3. Obesitas
Perubahan komposisi mikrobioma usus telah dikaitkan dengan obesitas. Komposisi mikrobioma usus dapat memengaruhi kemampuan tubuh manusia untuk memperoleh nutrisi dan mengatur penggunaan energi; oleh karena itu, ia memainkan peran penting dalam terjadinya dan perkembangan obesitas dan penyakit terkait.

4. Diabetes

Mikroba usus juga memengaruhi kadar glukosa darah. Komposisi mikrobioma usus memiliki peran penting dalam mengatur sensitivitas tubuh terhadap insulin5.

Yuk, jaga kesehatan usus!

Makanya jangan sepelekan kesehatan ususmu dengan cara memerhatikan asupan makanan dan suplemen harianmu. Jangan lupa, konsumsi juga Nutrilite™ Minuman Rasa Buah mengandung Lactobacillus untuk membantu menyehatkan mikrobioma usus.

  • Nutrilite™ Minuman Rasa Buah mengandung Lactobacillus menyeimbangkan bakteri baik untuk melawan bakteri jahat, dan membantu penyerapan nutrisi.
  • Nutrilite™ Minuman Rasa Buah mengandung Lactobacillus dengan teknologi “Arrive alive” & “Stick to the gut” memastikan probiotik sampai di usus hidup dan menempel efektif.
  • Setiap sajian Nutrilite™ Minuman Rasa Buah mengandung Lactobacillus  memberikan 10 miliar CFU** (Colony Forming Unit) dengan 4 strain bakteri baik.

*)Terdiri dari campuran bakteri asam laktat (Bifidobacterium Lactis & Bacillus Coagulans).

**) Dalam 6 bulan usia simpan produk.

Sumber:

1https://www.nature.com/articles/s41422-020-0332-7

2https://magazine.publichealth.jhu.edu/2021/gut-microbiome-and-brain

3https://www.npr.org/sections/shots-health-news/2024/06/24/nx-s1-5018044/gut-microbiome-microbes-mental-health-stress

4https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S075333222200066X

5https://hms.harvard.edu/news/changes-gut-microbiome-may-increase-type-2-diabetes-risk